Mengecek Persiapan Ayam Sebelum Turun Laga Sabung Ayam.

Pastinya semua ayam laga yang akan dipertandingakan diarena sabung ayam hendaklah merupakan ayam aduan yang benar-benar fit. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kekuatan tubuh, serta tenaga yang akan dihasilkan dari sang ayam tersebut. Tidak mungkin apabila keadaan ayam yang memiliki kesehatan yang kurang fit, nantinya akan mudah capek dan bisa jadi malah menjadi bulan-bulanan oleh ayam lawan. Anda pastinya tidak ingin ini menimpa ayam anda. Oleh karena itu dibutuhkan pengecekan kesehatan rutin setiap harinya terlebih pengecekan kesehatan sebelum pertandingan, untuk memastikan bahwa apakah ayam tersebut siap untuk dipertandingkan ataukah tidak.

Seperti layaknya manusia pada umumnya, ayam petarung juga mempunyai mood nya masing-masing. Pastikan anda menjaga mood dari ayam laga kesayangan anda untuk menghindari tidak seriusnya ayam anda saat bertarung. Tentunya untuk menjaga atau sekedar mengetahui mood ayam anda tersebut tidaklah mudah, tetapi anda wajib untuk mengetahuinya terlebih anda sebagai pemilik ayam laga tersebut. Untuk menjaga mood tersebut bisa anda lakukan dengan merawatnya dengan kasih sayang, membersihkan kandang, maemandikannya, memberi porsi sparing yang tepat, dan masih banyak terapi-terapi yang lain.

Kesehatan ayam yang dicek bisa dimulai dari yang bisa dilihat oleh mata manusia. Antara lain cek bagian kaki, apakah ada yang menunjukkan ayam tersebut cidera. Bisa terlihat apabila ada benjolan atau bentuk aneh pada kaki tersebut bisa menandakan bahwa ayam tersebut sakit atau cidera. Selain itu bisa dicek pada bagian kepala, apakah mengeluarkan lendir atau tidak. Apabila mengeluarkan lendir indikasi awal adalah bahwa ayam laga untuk sabung ayam tersebut sedang terkena penyakit flu.

Anda juga harus mengecek kotoran ayam yang dihasilkannya, apakah normal atau bahkan berwarna putih cair. Itu menandakan bahwa ayam tersebut terkena penyakit kotoran putih. Cek juga berat badannya, apabila ayam memiliki porsi makan yang banyak akan tetapi berat badannya turun drastis, ini mencirikan bahwa ayam tersebut terkena cacingan. Terlebih anda bisa mengecek kesehatan ayam laga tersebut dari pernapasan, apakah berbunyi seperti bengek ataukah tidak. Apabila pernapasan sedikit mengeluarkan bunyi layaknya bengek, anda bisa mengatasinya dengan  langkah-langkah berikut.

Mengatasi Penyakit Pernapasan Pada Ayam Laga Sabung Ayam

Untuk mengatasi penyakit ayam dengan ciri pernapasannya sedikit mengeluarkan bunyi layaknya penyakit bengek adalah susah-susah gampang. Akan menjadi susah apabila belum mengetahui cara perawatannya, dan akan menjadi gampang bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia sabung ayam itu sendiri. Berikut sedikit cara untuk anda yang belum tahu mengatasi penyakit pernapasan yang sedang ayam anda derita.

  1. Sebelum hari pertarungan dimulai, pastikan tigas hari sebelumnya berilah suplemen yang terbuat dari telur + laos yang dijemur.
  2. Pastikan ayam aduan tersebut tidak dikasih makan-makanan yang berlemak, poor, dan jagung. Akan tetapi dianjurkan untuk memberi makan beras merah.
  3. Mandikan ayam tiap pagi dan jemur ayam tersebut hingga sedikit kepanasan. Jangan sampai ayam anda kelihatan ngos-ngosan akibat terlalu lama menjemur.
  4. Berikanlah jamu dengan ransum yang bisa dibuat dari bahan alami antara lain telur bebek, lengkuas, kencur, kunci, dan merica.
  5. Berikan waktu latihan pada ayam kesayangan anda untuk mendapatkan stamina yang pulih, dengan memberikan durasi latihan antara 5-10 menit pada setiap latihannya disetiap hari.
  6. Selanjutnya berikanlah daun sirih yang banyak dipercaya dapat memperpanjang nafas sang ayam aduan, dengan cara ditumbuhkan dan masukkan kedalam mulut ayam tersebut.

Demikianlah sedikit informasi mengenai apa saja yang perlu diperhatikan sebelum ayam aduan turun ke arena laga sabung ayam, serta bagaimana cara merawat ayam yang terkena penyakit pernapasan secara alami dan aman bagi kesehatan sang ayam jagoan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2018