Kenali Ciri Penyakit Ayam Aduan Dikarenakan Virus

Menjaga kesehatan ayam memang susah-susah gampang,  pasalnya ayam aduan atau ayam jenis lainnya memiliki masalah kesehatan yang kompleks. Tidak setiap hari sakit, namun bila sakit akan menular dan bisa saja menyebabkan kematian, terlebih lagi menurunkan performa tarung para ayam laga ini. Maka dari itulah bagi kita yang mencintai ayam dengan segenap hati terhadap hobi ini. Silahkan gali terus semua informasi mengenai ayam dan beberapa kaitannya yang dianggap penting. Dan salah satunya adalah mengenali berbagai jenis penyakit ayam yang disebabkan oleh virus.

Nah, dulu beberapa tahun lalu Indonesia digemparkan oleh virus flu burung yang telah menelan nyawa manusia. Dan diduga disebarkan oleh unggas yang mati. Namun, sekarang sudah tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut. sebab pencegahan akan jauh lebih penting dibanding dengan pengobatan. Maka Anda harus mengenali dan mencegah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah jenis penyakit ayam aduan yang acap kali menyerang tanpa permisi.

Virus Dan Pencegahan Ayam Aduan

Sebelum mengenali ciri dan jenis penyakitnya  serta bagaimana cara mencegah.  Perlu diketahui bahwa virus bisa menyerang ayam melalui udara, air minum, makanan, dan beberapa alat perternakan yang digunakan. Dan berikut langsung saja silahkan simak di bawah ini :

  • Cacar Unggas

Pada jenis ini, penyakit akan terlihat bercak-becak putih di kulit yang disebabkan oleh virus bernama Borreliota Avium. Virus ini menyerang bagian rongga mulut, jengger, daerah sekitaran mata, dan hulu tenggorokan. Bahayanya, virus ini bisa menjalar ke ayam yang lain melalui kontak langsung atau melalui perantara hewan lain seperti nyamuk dan lalat.  Cara pencegahan penyekit ini adalah menjaga kebersihan kandang, menghindarkan ayam memakan makanan basi/bangkai, dan juga tempat minum harus selalu bersih dan jaub dari udara lembab.

  • Lumpuh Marek

Lumpuh marek meurpakan penyakit yang membuat ayam lumpuh karena virus herpes. Biasanya virus ini menyerang anak ayam yang bekisar umur 1-5 bulan. Untuk ciri gejala yang timbul ialah diawali dari kejang lumpuh kaki satu ke depan dan kaki satunya lagi ke belakang. Selain itu, akan terlihat pembesaran pada otot/saraf dan terlihat benjolan di beberapa bagian kulit. Untuk mencegah virus ini, wajib bagi Anda memberikan pencahayaan yang pas pada kandang ayam untuk menstabilkan kelembaban. Serta memberikan vaksin atau vitamin secara rutin kepada ayam setiap hari atau 2 hari sekali.

  • Salesma Ayam

Satu ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus avium. Penyakit menyerang pada saluran pernafasan, yang membuat gejala seperti pilek, hidung berair dan sesak nafas, serta batuk-batuk! Cara pencehagannya tetap pada kebersihan kandang dan memberikan nutrisi serta bekicot setiap 2 hari sekali guna meningkatkan system imunitas tubuh ayam.

  • Penyakit Ayam Tetelo

Unik seperti namanya, penyakit ini disebabakan oleh jenis virus paramixovirus. Cukup ganas virus ini menyerang alat pernafasan dan juga jaringan syaraf, dan system reproduksi sel telur. Virus ini juga bisa menimbulkan kematian mendadak dan terlebih lagi dapat menular. Cara paling aman mencegah virus yang belum ada obatnya ini adalah dengan menjaga kebersihan kandang, tetap menjaga kebersihan tempat minum, dan menghindarkan ayam dari makanan basi atau bangkai. Memberikan vitamin dan vaksinasi setiap seminggu sekali atau 3 hari sekali.

Demikianlah virus-virus yang sering kali didapati menyerang ayam aduan, bahkan di berbebagai daerah dan beberapa komunitas selalu menyuluhkan untuk tetap menjaga kebersihan kandang. Dan terlebih lagi komunitas ayam lebih mengedepankan informasi yang akurat, jadi jangan ragu share informasi ini demi kebaikkan bersama para penghobi ayam laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2018