Ciri Dan Karakter Ayam Silangan Bangkok X Birma

Siapa bilang ayam tidak dapat dikawinsilangkan? Buktinya saja kini Anda bisa mengawinsilangkan ayam aduan terbaik saat ini yang menempati posisi pertama dengan posisi kedua. Dan ayam tersebut adalah ayam murni Bangkok dengan ayam birma dari Myanmar. Bila Anda ingin mengenal lebih jauh lagi, berikut ini ulasan mengenai karakter, postur tubuh, dan gaya bertarung kedua ayam tersebut. Dan setelah mendapatkan hasil, maka seperti yang sudah dilakukan beberapa orang. Hasilnya sangat memuaskan dan bahkan melebih ekspetasi dari para penghobi ayam!

Ciri Dan Karakter Ayam Bangkok dan Birma

Belakang ini, banyak orang membicarakan ayam Bangkok dan birma yang bila dikawinsilangkan bisa mendapatkan karakter petarung yang bagaimana. Dan memang, ayam Bangkok sendiri sudah sangat kuat dari sego postur tubuh dan juga serangan. Apalagi dalam hal patukan dan pukulan kakinya, jelas ayam Bangkok unggul soal itu. Apalagi ayam Bangkok sekarang ini menjadi ayam terbaik pertama di pasaran ayam aduan Indonesia.

Bukan hanya ayam Bangkok sendiri yang bisa dikatakan terbaik, sebab ayam birma yang berasal dari Myanmar juga menempati urutan kedua. Berbeda dengan ayam Bangkok yang pola serangan sangat kuat, ayam birma justru memiliki perbedaan dari gaya bertarungnya. Kecerdikan dan kelincahan dari pertarungan ditambah dengan kegesitan dalam menguras stamina lawan telah secara alami hadir di ayam birma ini. Sebagaimana diketahui bahwa serangan mendadak, gaya bertarung kuda lari ditambah dengan ketajaman insting serta nafas panjangnya membuat birma sering kali menang dalam laga pertandingan.

Jadi, bila kedua ayam ini disatukan, maka akan menghasilkan gen terbaik, tentu saja yang menjadi induk jantang adalah ayam Bangkok murni, dan induk betina lebih condong ke trah terbaiknya saja. Dan alhasil, berikut ini ciri dan karakter ayam silangan Bangkok X birma.

Ciri Dan Karakter Ayam Aduan Bangkok X Birma

Ciri dari ayam silangan Bangkok dan birma adalah sebagai berikut ;

  • Memiliki bentuk dan bobot yang lebih kecil dibanding dengan ayam Bangkok. Ayam Bangkok memiliki bobot sekitar 2-2.5 kg (ayam dewasa).
  • Struktur tulangan yang lebih kecil dan tipis, pada usia 12 bulanan, tulangan ayam Bangkok X birma ini masih menjadi titik lemahnya. Maka dari itulah sangat disarankan bila umur laga sebaiknya usia 12 bulan ke atas.
  • Memiliki mata yang lebih jernih dan terkesan mendolo/melotot
  • Paruh lebih tajam dan lurus
  • Sedangkan bentuk jengger mirip dengan bantam ular atau mirip dengan cabe rawit
  • Sayap kanan kiri tebal dan panjang, kaki rapat dan kecil-kecil sebagai ciri sisik ayam dengan pukulan kuat akuratnya.

Karakter dari ayam silangan Bangkok dan birma adalah sebagai berikut :

  • Memiliki gaya bertarung yang gesit dan lincar seperti birma
  • Cerdik dalam mencari peluang menyerang
  • Pukulan cepat dan akuran serta lebih mematikan dibanding ayam Bangkok. Maka wajar bila lawan sering kali roboh terkena pukulannya.
  • Serangan yang dilakukan lebih banyak berputar-putar lebih dulu dan lalu melancarkan serangan. Tekni menguras tenaga lawan juga sering lebih banyak digunakan oleh ayam silangan ini,
  • Ciri khasnya adalah susah dikunci/ dilock oleh lawan, dan gesit dalam menghindari serangan lawan
  • Ciir khas satunya lagi ialah keunikan dalam mengoyang-goyangkan kepala lalu melakukan serangan dengan cepat tanpa mematuk.

Kelemahan dari ayam aduan silangan Bangkok X birma ini adalah tulang yang lebih kecil dan tipis, jadi kurang tahan lama dalam menerima pukulan beruntung lawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2018