Cara Merawat Jalu Ayam Untuk Sabung Ayam

Peranan penting dalam ayam aduan adalah jalu yang ada pada kaki ayam tersebut. Jaku yang ada pada kaki ayam aduan merupakan senjata yang ampuh digunakan untuk ayam menyerang. Ayam ketika menyerang dengan menggunakan jalu maka serangan tersebut dapat mematikan ayam lawan saat sabung ayam. Karena memang jalu yang bagus sangat tajam dan bisa juga merobek kulit kepala ayam lawan tersebut. Jalu ayam dapat berakibat gatak jika mengenai ayam lawan pada bagian mata. Saat mengenai mata paling tidak ayam tersebut sudah cacat, dan fatalnya dapat cacat secara permanen. Maka dari itu jalu yang ada pada ayam juga sangat diperhatikan dalam perawatanya.

Saat kita berada diarena pertarungan ayam secara resmi ada juga yang memberikan peraturan jika jalu pada ayam yang kita miliki harus dibungkus dengan kain ataupun lakban dalam pertandingan. Karena untuk menghindari cacat yang akan ditimbulkansaat ayam menyerang mata lawan. Tetapi jika pada arena sabung bebas ayam petarung, jalu tersebut malah diruncingkan, untuk dapat melumpuhkan lawan dengan cepat. Sekali pukulan jika ayam aduan tersebut berkualitas bagus maka lawan akan segera tumbang. Itu fungsi utama dari jalu yang ada pada ayam petarung.

Cara Merawat Jalu Ayam Yang Akang Mengikuti Sabung Ayam

Perawatan yang diberikan kepda jalu ayam yang akan mengikuti pertarungan juga dilakukan dengan cara yang khusus terhadap ayam yang akan mengikuti sabung ayam. Karena memang jalu mudah patah saat ada serangan dari lawan. Yaitu ketika ayam kita melakukan pertahanan dari ayam yang menyerangnya. Maka dari itu diberikan perawatan secara khusus agar jalu tersebut kuat saat bertarung dengan ayam lain. Untuk memperkuat jalu yang ada pda ayam, makanan yidak berpengaruh terhadap kerasnya jalu. Yaitu ada ramuan khusus yang dapat menguatkan jalu tersebut. Selain itu menjaga kandang agar tidak terjepit saat ayam kita masukkan kekandang. Karwna memang banyak kejadian jalu putis karena terjepit di sela-sela kayu yang ada pada kandang ayam tersebut.

Cara yang sering dilakuakn oleh pecinta ayam petarung disetiap daerah yaitu dengan memanfaatkan kunyit sebagai pengeras jalu ayam tersebut. Yaitu engan menumbuk kunyit yang segar. Setelah itu dibungkus dan diikatkan ke jalu ayam tersebut supaya tidak jatuh. Kunyit tersebut diusahakan tetap menempel pada jalu ayam tersebut. Karena memang kunyit dapat memperkuat jalu pada ayam. Cara ini sudah diterapkan sejak lama, dan hasilnya oun samgat memuaskan. Banyak orang yang mempraktekkan cara tersebut kepada ayam yang menjadi andalanya. Banyak juga yang menggunakan cara licik pengganti jalu saat bertanding di arena pertarungan. Yautu dengan menggunakan pisau kecil yang diletakkan pada kaki ayam tersebut untuk melukai ayam lawan.

Pada penerapan cara alami dengan menggunakan kunyit tersebut memang sangat efektif. Karena  bahan dari ramuan tersebut sangat mudah ditemui di ladang maupun membeli dipasar. Selain itu tidak ada efek samping dari penggunaan kunyit sebagai pengeras jalu ayam. Jika kita sering melakukan hal tersebu, maka hasilnya sangat berpengaruh besar terhadap kekuatan jalu. Itu merupakan cara satu-satunya yang paling efektif. Jika jalu panjang tetapi tidak keras maka sama saja, saat pertandingan di arena sabung, jalu tersebut akan mudah putus joka menyerang lawan ayauoun melakukan pertahanan terhadap serangan dari lawan.

Demikian tadi penjelasan mengenai perawatan jalu untuk persiapan sabung ayam. Jika dilakuaknsecara rutin maka hasilnya tidak akan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copyright © 2018